Berbagai Macam Jerawat dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
Berbagai Macam Jerawat dan Cara Mengatasinya
Image:@jcomp

Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang bisa menyerang siapa saja, apalagi jika pola hidup seseorang tidak baik, tentu saja akan sangat mudah baginya terkena jerawat. Ada banyak sekali macam – macam jerawat dan cara mengatasinya yang bisa terjadi pada kulit anda. Tiap jerawat ini juga memiliki bentuk dan pengobatan yang berbeda – beda. Berikut macam – macam jerawat dan cara mengatasinya yang harus kamu ketahui.

Baca Juga: Paket Lengkap Dry Acne Kinclong Beauty

Read More

  1. Komedo

Komedo bisa dibilang merupakan jenis jerawat yang paling ringan dan sederhana. Biasanya komedo muncul di bagian hidung dan dagu. Komedo ini muncul dikarenakan sel kulit mati dan minyak yang terkumpul dan menyumbat pori – pori. Namun tentu saja meskipun ringan, anda tidak boleh menyepelekan komedo karena jika dibiarkan dan tidak ditangani dengan tepat, komedo bisa saja berkembang menjadi jerawat yang lebih berbahaya.

Untuk mengobatinya, anda bisa menggunakan masker wajah atau melakukan scrubbing seminggu sekali untuk mengangkat sel kulit mati. Selain itu rajin – rajinlah membersihkan dan mencuci muka di pagi hari dan setelah beraktivitas.

  1. Papula

Jerawat Papula ini muncul dikarenakan komedo yang tidak ditangani dengan tepat dan meradang karena kotoran dan bakteri. Bentuknya seperti benjolan kecil berwarna kemerahan dan sakit ketika disentuh.

Jika terdapat jerawat papula pada wajah anda, anda harus menahan diri untuk memencetnya, karena jika anda memencetnya, bisa – bisa malah menimbulkan luka dan memperluas area penyebaran. Gunakan masker yang mengandung asam salisilat atau menggunakan masker alami seperti tomat, mentimun, atau perasan lemon jika jerawat anda masih berbentuk papula.

  1. Pustula

Lanjutan dari fase papula, pustula memiliki bentuk yang lebih besar dengan ujung yang berwarna putih. Jerawat ini memiliki bentuk lebih besar dan berisi nanah juga darah kotor. Jerawat ini akan  menimbulkan rasa nyeri ketika disentuh.

Agar jerawat pustula tidak semakin parah, jangan menggunakan macam – macam make up atau scrubbing berlebihan. Gunakan masker dan rajin cuci muka, jangan lupa untuk menggunakan krim khusus jerawat di pagi dan malam hari.

  1. Nodula

Bukan hanya di bagian jerawat yang tumbuh, rasa sakit yang muncul diakibatkan oleh nodula menyebar lebih luas. Benjolan yang muncul juga ada di bagian lapisan dalam kulit, bahkan meskipun tidak dipencet, jerawat nodula ini akan meninggalkan bekas menghitam meskipun sudah sembuh.

Konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk menangani jerawat ini. Biasanya dokter akan memberikan resep krim dan obat yang tepat untuk mengatasi jerawat nodula ini. Jangan sembarangan menggunakan produk yang ada di pasaran.

  1. Kistik

Kistik atau jerawat batu merupakan jenis jerawat yang terdapat nanah jauh di dalam permukaan kulit dan menyumbat pori – pori. Jerawat batu ada yang terasa masih agak lunak dan ada juga yang terasa keras ketika disentuh. Jangan pernah untuk mencoba untuk memecahkannya karena keduanya akan menimbulkan luka dan rasa sakit yang luar biasa.

Sama seperti sebelumnya, anda harus berkonsultasi dengan dokter dan menggunakan krim yang sudah diberi dokter. Anda juga bisa mengompresnya dengan bahan alami seperti es batu, perasan lemon dan lain sebagainya.

Itulah macam – macam jerawat dan cara mengatasinya yang perlu kamu ketahui. Banyak memang jenis jenis jerawat dengan perawatab berbeda tentunya dari setiap tipe jerawat.

Related posts