Cara Merawat Kulit Berjerawat Secara Tepat

  • Whatsapp
Foto by @mua-Indonesiaku

Perawatan ekstra sangat perlu dilakukan pada jenis kulit wajah yang berjerawat. Setidaknya kamu harus rajin membersihkan dan merawat wajah secara hati-hati. Jika tidak ingin jerawat wajah semakin parah, maka pilihlah produk yang tepat dan jangan suka menggunakan produk bergantian. Hal ini karena kulit berjerawat sangat sensitif terhadap produk baru. Ada beberapa cara merawat kulit berjerawat secara tepat yang perlu kamu lakukan sehari-hari.

Baca Juga: Paket Acne Glowing Krim Kinclong Beauty

Read More

  • Rajin Perawatan Eksfoliasi dengan Ringan

Eksfoliasi berarti pengelupasan kulit, eksfoliasi dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati, menghilangkan minyak berlebih, hingga mengurangi komedo dan jerawat. Perawatan eksfoliasi ini sangat penting dilakukan, tidak hanya mengurangi jerawat pada permukaannya saja namun, jerawat bisa dihilangkan hingga ke akar-akarnya.
Dianjurkan untuk tidak terlalu sering melakukan eksfoliasi karena bisa berdampak iritasi. Kamu bisa memilih produk yang tepat untuk perawatan kulit jerawat, mulai dari produk salycylic acid atau glycolic. Produk ini berguna mencerahkan kulit hingga menghilangkan flek hhhitam jerawat dengan cara mengangkat sel kulit mati yang menumpuk.

  • Bersihkan Wajah Minimal Dua Kali dalam Sehari

Membersihkan wajah dua kali dalam sehari merupakan cara merawat kulit berjerawat yang wajib dilakukan dan tidak boleh dilewatkan. Aktivitas sehari-hari yang kita lakukan membuat kulit mengeluarkan minyak. Minyak tersebut bercampur dengan debu sehingga pori-pori kulit wajah tersumbat. Apabila tidak dibersihkan, maka jerawat akan muncul.

Perawatan ini adalah hal yang paling dasar agar kotoran pada wajah maupun sisa make up bisa hilang. Kamu bisa menggunakan pembersih kulit dengan memakai facial foam atau susu pembersih, pilihlah pembersih yang ada kandungan benzoil peroksida.

  • Mengusapkan Toner dan Vitamin C

Toner berperan penting dalam menyeimbangkan PH kulit hingga menenangkannya, bahkan proses cleansing dilakukan secara optimal. Setiap penggunaan make-up memang dianjurkan untuk segera mungkin menghapusnya, terutama sebelum tidur. Jika kamu malas menghapus riasan dan membiarkannya menempel pada kulit, maka tunggulah jerawat akan muncul. Karena membersihkan riasan tidak memakan waktu yang lama cukup dengan toner pembersih.

Caranya hanya menggunakan toner pembersih pada kapas saja, selanjutnya usapkan ke seluruh bagian wajah secara merata hingga riasan sudah bersih. Gunakanlah toner yang tidak mengandung alkohol agar kulit wajah kamu tidak gatal dan kering. Selain itu, untuk memperoleh perawatan jerawat, kamu juga memerlukan toner vitamin C yang berguna mempercepat proses sel kulit baru dan menyembuhkan iritasi.

  • Lakukan Perawatan Kulit Secara Musiman

Meskipun Indonesia cuma ada dua musim saja, yakni musim kemarau dan hujan, hal ini tidak boleh dijadikan alasan untuk tidak merawat kulit wajah secara ekstra. Saat musim hujan, umumnya kulit wajah lebih kering. Maka, perlu untuk merawat wajah dengan cara perbanyak minum atau memakai pelembab.

Sedangkan saat musim panas, kulit wajah cenderung mengeluarkan minyak berlebih. Maka, perawatan kulit yang dilakukan adalah menghilangkan minyak berlebih terutama wajah berjerawat.gunakan produk cleanser yang memiliki sifat deep cleansing yang berguna menghilangkan kotoran secara optimal khusus untuk kulit berminyak.

  • Gunakan Lemon

Cara merawat kulit berjerawat selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan alami seperti lemon. Lemon terbukti dapat menghilangkan jerawat. Caranya cukup dengan menggosok potongan irisan lemon ke wajah. Perawatan ini setidaknya dilakukan dua atau tiga kali dalam seminggu. Lemon ini sangat bermanfaat dalam hal menghilangkan noda hitam, kulit mati, dan menyembuhkan peradangan jerawat. Setelah menggunakan lemon, kamu wajib mengusapkan pelembab pada wajah agar terhindar dari kulit kering.

  • Gunakan Masker Wajah

Hanya dengan menggunakan masker, maka kotoran maupun minyak yang menempel pada kulit dapat dibersihkan. Namun, kamu harus selektif dalam menggunakan masker. Pilihlah masker yang tepat jika wajah kamu berjerawat, seperti masker clay. Masker clay mampu menyerap kotoran secara maksimal dalam pori-pori kulit. Hasilnya, kulit wajahmu bisa terhindar dari penyebab jerawat sehingga kulit menjadi lebih cerah dan halus.

  • Beralih ke Kosmetik Non-Comedogenic

Meskipun kosmetik tidak ada dalam kategori perawatan wajah, namun kosmetik tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari kaum wanita. Jadi, mulai saat ini kamu harus pandai memilih produk kosmetik yang non comedogenic. Produk ini tidak akan membuat pori-pori kamu tersumbat atau memperparah kondisi jerawat.

Related posts