Cara Merawat Kulit Berminyak

  • Whatsapp

Kapan sebaiknya cara merawat kulit berminyak diterapkan? Kulit berminyak memang bikin repot, sebab Anda bakal kesulitan mengaplikasikan riasan maupun mengendalikan produksi minyak. Akan tetapi, tanpa mengenali karakteristik kulit, metode yang dipakai berisiko memicu efek samping.

Baca Juga: Berikut Cara Merawat Kulit Kering Yang Perlu Kamu Tahu

Read More

Beberapa ciri kulit berminyak yang dapat Anda kenali mencakup pori-pori besar (kadang terlihat jelas saat becermin), kilapan di antara dahi dengan hidung, dan frekuensi kemunculan jerawat, noda, serta komedo yang tinggi. Jika Anda merasakan tanda-tanda ini, kendalikan minyak berlebih pada wajah dengan cara-cara berikut ini!

1. Pilih jenis pembersih yang sesuai
Dalam hal ini, pastikan jenis pembersih yang Anda gunakan bersahabat buat kulit maupun dompet. Pasalnya, cara merawat kulit berminyak membutuhkan konsistensi untuk menjaga hasilnya. Periksa apakah pembersih tersebut bebas kandungan minyak maupun lilin yang biasanya memperparah kulit berminyak. Hindari juga produk dengan aroma menyengat dan scrubmelimpah, karena berpotensi memperparah kondisi kulit Anda.

2. Gunakan temperatur air yang tepat
Sebagian besar orang mengira air panas cocok buat kulit berminyak, padahal temperatur tinggi justru berpotensi mengeringkan kulit. Langkah terbaik membasuh wajah Anda adalah dengan memakai air suam-suam kuku alias yang hangat. Beberapa spesialis kulit pun menyarankan untuk membersihkan kulit wajah maksimal 2 hingga 3 kali sehari. Sesekali berikan pijatan lembut saat mengaplikasikan pembersih yang mengandung salicylicacid.

3. Pentingnya memakai toner
Cara merawat kulit berminyak selanjutnya adalah dengan memakai toner. Produk tersebut berfungsi buat mengurangi kadar pH pada kulit membersihkan minyak maupun debu yang tak dapat dilakukan sabun muka biasa. Selain itu, kandungan alkohol dalam toneruntuk kulit berminyak dianggap lebih ampuh buat mengendalikan produksinya. Anda masih bisa memakai tonerbebas alkohol, hanya saja efeknya tak sebaik tonerdengan alkohol.

4. Aplikasikan pelembap secukupnya
Walau menyebalkan, kulit berminyak tetap membawa keuntungan, salah satunya tingkat kelembapan yang tak pernah kurang. Akan tetapi, penggunaan pelembap berlebih malah akan membuat area T di wajah kian mengilap. Maka dalam cara merawat kulit berminyak, sebaiknya Anda oleskan pelembap secukupnya. Selain itu, pilihlah produk kombinasi seperti pelembap dengan SPF agar Anda tak perlu memakai pelembap yang didobel tabir surya.

5. Coba pakai masker lumpur
Masker lumpur adalah produk yang dipercaya mampu menurunkan produksi minyak sekaligus menghilangkan kotoran. Gunakan sekali seminggu agar kulit berminyak Anda bebas dari tumpukan debu, sel kulit mati, dan minyak berlebih. Namun, karena masker lumpur tak bisa mengecilkan pori-pori, Anda bisa kombinasikan perawatan dengan bahan alami lain. Misalnya saja jeruk nipis atau lemon yang dapat mengendalikan ukuran pori-pori.

6. Hindari perawatan yang nirfaedah
Perawatan wajah di spa sekilas terdengar ampuh membasmi minyak berlebih, tetapi ada baiknya Anda melakukan cara merawat kulit berminyak seperlunya. Terapi seperti mikrodemabrasi maupun facialbisa Anda jadwalkan satu atau dua kali dalam sebulan saja. Sisanya dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan memakai produk yang tepat. Jaga pula asupan makan yang dikonsumsi untuk mengontrol produksi minyak dari dalam tubuh.

7. Rajin melakukan eksfoliasi
Eksfoliasi menggunakan bahan-bahan alami di rumah dapat mengangkat sel kulit mati yang menutupi pori-pori. Bagaimana caranya? Anda bisa membersihkan wajah dengan oatmealsebagai scrubalami seminggu sekali. Terlalu sering memakainya berpotensi menyumbat pori dengan microbead. Selain itu, kalau Anda mengalami jerawat parah, hentikan dulu eksfoliasi sementara waktu, lalu ganti dengan cara merawat kulit berminyak yang nyaman.

8. Ganti produk dengan krim topikal
Pelembap yang Anda pakai tak membuahkan hasil yang diharapkan? Anda dapat menggantinya dengan krim topikal. Beberapa jenis yang bisa Anda manfaatkan mencakup krim sulfur, krim vitamin A, beserta krim retinoid. Namun, kalau pemakaian krim topikal tetap tak memberikan perubahan yang diinginkan, ada baiknya Anda konsultasi dengan dokter atau ahli kulit terpercaya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan penanganan dan produk tepat buat mengatasi kulit berminyak.

Demikian delapan cara merawat kulit berminyak yang bisa diterapkan di rumah. Mudah-mudahan informasi ini membantu!

Related posts