Cara Merawat Rambut Panjang Secara Alami

  • Whatsapp
Foto by @toniharajuku_

Memiliki rambut panjang yang indah adalah impian semua wanita. Banyak wanita yang sengaja memanjangkan rambut mereka dengan tujuan agar terlihat lebih feminim. Sudah sejak lama rambut panjang yang sehat dijadikan sebagai simbol seorang wanita. Walaupun begitu, memiliki rambut panjang akan sangat sia-sia jika tidak dirawat dengan baik dan menimbulkan banyak masalah seperti rambut bercabang, rambut kering, ketombe, rambut rontok, dan bahkan munculnya kutu rambut. Berikut merupakan cara merawat rambut panjang agar rambut kamu terlihat lebih mempesona!

Baca Juga: Tips Mengenali Dan Mengecek Keaslian Krim Pemutih Wajah BPOM

Read More

  • Memotong Ujung Rambut Secara Rutin

Ujung rambut adalah tempat banyak masalah pada rambut terjadi. Rambut bercabang sering kali terlihat di ujung rambut. Oleh karena itu, rutin memotong ujung rambut akan membuat rambut panjang kamu terlihat lebih sehat. Jika kamu tidak memotongnya, masalah rambut ini akan menyebar ke bagian rambut atas sehingga bagian rambut yang lain akan rentan rusak dan akan lebih susah untuk diatasi. Tidak perlu pergi ke salon untuk melakukan treatment ini karena kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Kamu bisa memotong rambut dengan ukuran 2-3 cm dalam waktu 10 minggu sekali. Jika kamu adalah seorang wanita yang tidak memiliki banyak waktu, minimal memotong ujung rambut adalah sekali dalam 3 bulan.

  • Menyisir Rambut dengan Hati-hati

Cara merawat rambut panjang selanjutnya adalah dengan menyisir rambut dengan penuh perasaan. Jika kamu memiliki rambut yang panjang, tandanya kamu harus meluangkan waktu yang lebih lama untuk menyisir rambut kamu. Gunakan sisir yang lembut sehingga tidak terasa sakit dan melukai kulit kepala kamu. Menyisir rambut panjang kamu dengan hati-hati akan mencegah rontoknya dan patahnya rambut yang diakibatkan oleh gerakan yang tidak teratur. Menyisir rambut dengan gerakan satu arah juga akan membuat rambut panjang kamu terlihat lebih indah. Lakukanlah kegiatan ini secara totalitas yaitu semua bagian rambut sudah disisir dan pastikan tidak ada lagi rambut yang masih susah untuk disisir. Menyisir rambut sebelum tidur adalah cara terbaik untuk menjaga rambut panjang kamu untuk tidak rontok ketika keesokan harinya.

  • Kurangi Memberi Warna Pada Rambut

Sebagai orang Asia, kebanyakan dari kita memiliki warna rambut yang gelap. Ketika rambut sudah mulai panjang, banyak wanita yang ingin mengecat rambut mereka dengan tujuan agar terlihat lebih menarik. Mengecat rambut akan memberi daya tarik bagi rambut kamu, tetapi apakah kamu sadar bahwa hal itu juga akan merusak rambut panjang kamu jika dilakukan berulang-ulang? Kandungan kimia yang terdapat di cat rambut akan membuat rambut kamu kering, bercabang, dan masih banyak masalah lainnya. Mengecat rambut berulang-ulang akan membuat kerusakan pada rambut kamu. Jika kamu harus mewarnai rambut kamu karena tuntutan yang lain, sebaiknya kamu memperhatikan jenis rambut dan melakukan tes alergi sebelum mengaplikasikan pewarna rambut. Rutin memberi nutrisi pada rambut yang diwarnai akan merawat rambut panjangmu.

  • Hindari Mengikat Rambut dalam Waktu yang Lama

Sama seperti makhluk hidup lainnya, rambut juga harus bernafas. Apabila kamu mengikatnya terlalu lama dan terlalu ketat hal ini akan menyiksa rambut panjang kamu. Dengan membiarkan rambut kamu terurai, kamu akan menjaga kesehatan rambut dan mencegahnya dari kerusakan. Apabila kamu terpaksa harus mengikatnya, lakukan dengan tidak terlalu ketat, atau gunakan jepitan yang memiliki rongga sehingga rambut kamu tetap bisa bernafas. Jangan mengepang rambut dalam keadaan yang terlalu lama, apalagi sampai lupa untuk melepaskannya dalam waktu semalaman. Hal ini akan membuat rambut kamu rusak.

  • Jangan Tidur dalam Keadaan Rambut yang Basah

Cara merawat rambut panjang selanjutnya adalah jangan tidur dalam keadaan rambut yang basah. Setelah keramas di malam hari, hindari tidur dengan keadaan rambut yang basah karena hal ini akan menimbulkan banyak masalah kesehatan. Masalah yang dapat timbul adalah Sakit kepala, Infeksi kulit kepala, alergi, pilek, nyeri otot, dan yang pasti adalah rambut panjang kamu akan rusak. Sakit kepala akan timbul karena tidur dalam keadaan rambut yang basah akan membuat peredaran darah yang ada di kepala menjadi tidak lancar sehingga mengakibatkan rasa sakit atau pusing ketika kamu bangun dari tidur.

Related posts