Cara Merawat Tubuh Agar Tetap Sehat

  • Whatsapp
Foto By @eh.olahraga.yuk

Tubuh perlu selalu dirawat agar kesehatan selalu terjaga, baik itu kaum wanita maupun pria perlu merawat tubuhnya dengan sebaik-baiknya. Kesehatan merupakan harta yang tak ternilai harganya. Nikmat dasar hidup adalah kondisi badan yang sehat, setelah itu baru urusan yang lainnya.

Baca Juga: Penyebab Selangkangan Hitam dan Cara Mengatasinya dengan Krim Pemutih Selangkangan
Berikut ini adalah cara merawat tubuh agar tetap sehat

Read More

Minum Cukup Air Putih Tiap Hari
Sebagian besar tubuh manusia berupa cairan, jangan sampai terjadi dehidrasi, selalu penuhi kebutuhan minum, minimal 8 gelas air putih per hari. Biasakan bawa tempat minum sendiri ke mana-mana agar tak perlu berbagi tempat minum dengan orang lain. Cuci tempat minum tersebut sesering mungkin, minimal sehari sekali, jangan sampai timbul jamur atau semacam lumut.

Jaga Kebersihan
Tak hanya jaga kebersihan badan saja, tapi juga jaga kebersihan lingkungan tinggal. Jaga kebersihan tempat tidur dan kamar tidur, juga kamar mandi. Juga dapur dan ruangan lainnya, jangan sampai banyak debu, tungau, rumah laba-laba ataupun timbul bau yang tidak sedap dan kotoran yang menempel di lantai atau di perabotan dan lain sebagainya. Jangan sampai debu terhirup saat tidur sehingga menimbulkan batuk, atau digigit nyamuk hingga kena malaria, atau makanan dan minuman dihinggapi lalat, kulit tubuh gatal-gatal digigit tungau dan lain sebagainya. Ganti pakaian dengan yang bersih sehabis mandi. Jangan lupa cuci tangan sebelum makan, dan gosok gigi setelah makan dan sebelum tidur. Pada gigi dan gusi terdapat syaraf terkait dengan anggota badan yang lain, sakit pada gigi akan besar pengaruhnya pada bagian tubuh yang lain. Mandi minimal sehari sekali, dan gunakan pelembab sesudahnya. Rutin bersihkan rambut agar kotoran dan lemak tidak menumpuk di kulit kepala dan menimbulkan ketombe.

Cukup Asupan Gizi dan Nutrisi serta Serat Alami
Makan secara sehat sangat penting, perbanyak sayuran dan buah agar tubuh juga mengonsumsi serat alami. Konsumsi karbohidrat yang masih memiliki serat alami, seperti nasi merah atau gandum utuh, jagung rebus atau bakar juga bagus, hindari gorengan atau minyak, kecuali minyak zaitun atau minyak kelapa yang diolah secara tradisional, bukan minyak sawit atau mentega. Ketela dan kentang rebus, bukan yang goreng, masih lebih bagus daripada nasi putih. Lalu untuk proteinnya, hindari daging yang berlemak, juga kulit pada ayam, sebaiknya dihindari, perbanyak putih telur daripada kuning telurnya, pilih juga ikan yang bebas dari merkuri dan pencemaran lainnya, ikan air tawar lebih aman dari polusi yang kadang ada di air laut. Bisa konsumsi gurame, bandeng, dan lain sebagainya. Hindari juga tempe dan tahu dari bahan kedelai impor yang berwarna putih, hasil rekayasa genetika. Lebih aman tempe dan tahu berbahan kedelai lokal yang berwarna kuning. Lengkapi warna sayuran dan buah, yakni yang hijau seperti bayam, sawi, brokoli, alpukat dan lain sebagainya, lalu yang merah seperti wortel, tomat, pepaya, jambu dan lain sebagainya, dan yang kuning, jeruk, mangga, pisang dan lain sebagainya. Rendam sayuran dan buah mentah dengan air yang dicampur kristal kalium permanganat atau PK dalam dosis kecil yang sangat encer, selama beberapa saat, lalu cuci bersih dengan air mengalir agar bebas pestisida dan telur cacing terutama kol, dan selada juga kembang kol dan brokoli. Merebus atau mengukus sayuran itu lebih baik. Konsumsi buah dengan mengupas kulitnya. Hindari junkfood, makanan tinggi lemak, makanan kaleng atau yang diawetkan, usahakan makan makanan yang sesegar mungkin, hindari makanan berbahan hasil rekayasa genetika, juga makanan yang terlalu asin, dan terlalu manis. Ganti gula pasir dengan madu, atau gula jawa yang bebas campuran. Mungkin agak sulit ya untuk bisa hidup sehat dan agar awet muda serta panjang umur. Tapi ini akan akan terasa dalam jangka panjang, dan ketika tubuh sudah sakit atau menurun daya tahannya. Sepanjang daya tahan tubuh masih kuat maka efek buruknya tidak akan terlalu terasa.

Cukup Tidur, Tidur Berkualitas, dalam Gelap
Lalu juga jaga kualitas tidur, meski hanya sebentar namun jika lelap dan nyenyak tanpa gangguan maka tubuh akan merasakan tercukupi kebutuhan istirahatnya, sehingga bangun dengan sendirinya dalam kondisi bugar dan segar, serta fit, tidak lesu atau masih mengantuk. Tidur dalam kondisi gelap, lampu dimatikan, akan memicu tubuh menghasilkan hormon melatonin, yang anti kanker dan anti obesitas.
Jadi jika ingin hidup sehat dan awet muda serta berusia panjang, maka rawat tubuh dengan baik dan juga hindari stres, selalu berpikiran positif penuh optimis, dekat dengan Tuhan dan jangan lupa berolah raga.

Related posts