Dampak Negatif Dari Gaya Hidup Boros

  • Whatsapp
Foto by @yosuaptr

Tidak ada salahnya jika anda ingin membeli sesuatu yang anda inginkan atau bersenang – senang, apalagi jika uang yang didapatkan adalah hasil kerja keras anda. Namun, tentu saja, melakukan pemborosan merupakan salah satu gaya hidup yang sangat memberikan dampak negative pada kehidupan.

Baca Juga: Tips Untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

Read More

Ketidak pedulian kita dalam mengatur uang atau boros mampu mengacaukan berbagai hal, berikut beberapa dampak negatif dari gaya hidup boros.

1. Tidak Menghargai Uang
Hal pertama yang menjadi dampak negatif dari gaya hidup boros adalah tidak menghargai uang. Dengan berperilaku boros, kita tidak akan lagi ragu – ragu untuk mengeluarkan uang ke hal yang sama sekali tidak penting untuk kita. Gaya hidup boros bisa membuat kita kesulitan untuk mengetahui hal apa yang benar – benar kita butuhkan.

2. Sulit Melacak Uang Dihabiskan Kemana
Selain tidak menghargai uang, dampak negatif dari gaya hidup boros adalah sangat mudah untuk mengeluarkan uang. Saking mudah nya, kita nanti akan kesulitan untuk memperhitungkan uang dihabiskan ke mana saja. Mungkin anda bisa melakukannya dengan mengumpulkan struk atau ada catatan di aplikasi keuangan dan buku, namun jika tidak ada?, tentu saja berarti kita menghabiskan uang secara tidak sadar.

3. Penyebab Hutang
Saking mudah nya mengeluarkan uang kepada hal yang tidak penting, dengan hidup boros, anda bisa saja mengabaikan kebutuhan pokok seperti makanan, tagihan listrik dan sebagainya, sehingga mau tidak mau harus berhutang karena perlu memenuhi kebutuhan.

4. Menghilangkan Masa Depan
Mampu meraih cita – cita tentu saja merupakan hal yang diinginkan oleh semua orang, namun jika seseorang sudah memiliki kebiasaan boros, maka tentu saja hal ini bisa mempengaruhi cita – cita yang ingin kita capai.

5. Meningkatkan Cemburu Sosial
Biasanya, gaya hidup boros muncul karena kita cemburu dengan orang lain. Jika ada orang lain membeli sesuatu yang mahal, ada orang yang cemburu dan ingin membelinya tanpa memikirkan harga dan kegunaan dan kegunaan dari barang tersebut. Mereka yang tidak bisa menyesuaikan diri tentu saja akan merasa cemburu, bahkan parah nya lagi, ada yang bisa sampai berhutang hanya demi bisa sesuai dengan orang lain.

6. Menimbulkan Sifat Sombong
Mereka – mereka yang boros biasanya memiliki sifat ingin dinilai lebih baik oleh kebanyakan orang lain, sehingga mereka rela untuk mengeluarkan uang hanya untuk hal yang tidak penting hanya untuk mendapat pujian.

7. Tagihan – Tagihan Pokok Jadi Terabaikan
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, pembayaran tagihan – tagihan pokok seperti listrik, air dan sebagainya bisa terlambat dan menyebabkan masalah keuangan yang sangat serius. Hal ini tentu saja dikarenakan orang yang boros banyak menunda pembayaran karena gaya hidupnya yang boros.

8. Tidak Memikirkan Mengatur Keuangan
Jika anda sudah memikirkan untuk memenuhi keinginan dibandingkan dengan memenuhi kebutuhan, maka sudah pasti jika anda termasuk orang yang mengikuti gaya hidup boros. Pendapatan yang anda dapatkan dari pekerjaan tentu saja jadi tidak terkontrol dan menyebabkan banyak masalah ke depannya.

9. Tidak Siap Jika Ada Pengeluaran Yang Tak Terduga
Jika kita memiliki tabungan dan mengontrol keuangan, tentu saja di situasi apapun, kita akan siap dengan pengeluaran – pengeluaran yang tak terduga, seperti jika ada kecelakaan, kerabat sedang ada musibah dan lain sebagainya. Memang kita tidak mau hal itu sampai terjadi, namun jika anda memiliki simpanan uang, setidaknya anda tidak perlu mencari pinjaman ke sana kemari jika ada hal – hal negatif yang terjadi.
Semakin kita tua, ancaman risiko kesehatan menjadi lebih besar seiring berjalannya waktu. Dengan memiliki tabungan, kita tidak perlu untuk repot – repot meminta pinjaman dan berhutang.

10. Mengandalkan Orang Lain
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, membiarkan perilaku boros membuat kita memenuhi keinginan dibandingkan kebutuhan, sehingga untuk memenuhi kebutuhan kita perlu mengandalkan orang lain dengan meminjam dan berhutang yang bahkan bisa mengakibatkan situasi yang serius.

Itulah beberapa dampak negatif dari gaya hidup boros yang bisa anda ketahui. Mau bagaimanapun gaya hidup boros memang menimbulkan hal yang negatif saja, selain itu, sudah jelas di agama bahwa kita tidak boleh melakukan pemborosan.

Related posts