Mengenali Jenis Jenis Kulit Wajah dan Cara Merawatnya

  • Whatsapp
Jenis jenis kulit wajah
Image: @studigstock

Jenis jenis kulit wajah terdiri dari beberapa jenis, lalu bagaimana dengan jenis kulit wajah Anda? Perlu diketahui, setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda satu sama lain. Berbeda jenis kulit, maka berbeda pula cara perawatannya. Untuk itu, sebelum memutuskan membeli produk kecantikan merawat kulit wajah, pastikan Anda sudah mengetahui jenis kulit yang Anda miliki. Hal yang tidak kalah penting, hindari kebiasaan meniru produk kecantikan  yang digunakan teman atau kerabat Anda karena produk tersebut belum tentu cocok dengan jenis kulit Anda lho.

baca juga: Tips Mengenali Dan Mengecek Keaslian Krim Pemutih Wajah BPOM

Read More

Pasalnya, setiap produk kecantikan atau skincare dirancang dengan kebutuhan berbeda sesuai jenis kulit masing-masing orang.  Lantas bagaimana cara mengenali jenis kulit wajah? Caranya cukup mudah, saat bangun tidur di pagi hari Anda bisa mengambil selembar kertas tisu dan usapkan pada permukaan wajah. Agar lebih jelas, berikut kami rangkum jenis-jenis kulit wajah serta ciri khasnya masing-masing untuk mengetahui jenis kulit yang Anda miliki.

  • Kulit Normal
Kulit Normal
Image:@racool_studio

Jenis kulit normal ialah jenis kulit wajah yang paling diidamkan banyak orang. Pasalnya, dengan memiliki kulit normal maka Anda tidak perlu repot memilih jenis produk perawatan wajah yang tepat. Kulit wajah dikatakan normal saat kadar minyak yang diproduksi seimbang sehingga tidak akan menyebabkan kulit kering di wajah atau berminyak berlebihan. Secara umum, orang yang memiliki kulit wajah normal mempunyai ciri khas berikut ini:

  1. Tidak sensitif saat menggunakan produk kecantikan tertentu.
  2. Cenderung memiliki pori-pori yang kecil dan bebas minyak berlebih di wajah.
  3. Hanya memiliki sedikit bahkan tidak ada sama sekali bercak hitam di wajah.

Agar kulit wajah yang normal tetap terjaga dan terhindar dari berbagai masalah, maka Anda wajib memberikan perawatan yang tepat. Untuk merawat kulit wajah normal pun cukup mudah dilakukan, hanya pastikan Anda rutin membersihkan dan memberikan pelembab di wajah. Produk pelembab berfungsi untuk menjaga kadar air dalam kulit sehingga  akan menjaga agar kulit tidak kering atau berminyak berlebihan. Yang tidak kalah penting, pastikan pula Anda menggunakan produk sunscreen sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Saat ini telah tersedia berbagai pilihan produk perawatan wajah di pasaran yang cocok untuk pemilik kulit normal. Pastikan Anda menggunakan produk skincare yang tepat ya!

  • Kulit Berminyak
Kulit Berminyak
Image:@drobotdean

Berikutnya ada kulit berminyak yang cukup mengkhawatirkan karena sensitif terhadap beberapa hal. Jenis kulit ini bisa ditandai dengan produksi minyak tak normal atau berlebihan. Beberapa ciri khas lain dari jenis kulit berminyak ialah sebagai berikut:

  1. Memiliki pori-pori wajah dengan ukuran cukup besar.
  2. Memiliki banyak komedo putih hingga hitam di area hidung.
  3. Termasuk jenis kulit wajah yang sangat mudah berjerawat.

Untuk merawat kulit jenis ini, tidak sembarang produk skincare bisa digunakan. Untuk itu, Anda harus lebih jeli dan teliti saat hendak memilih dan menggunakan produk perawatan kulit berminyak. Sebagai solusi, Anda bisa memilih produk perawatan yang bisa mengecilkan pori pori wajah dan tidak membuatnya tersumbat. Istilah lain produk skincare kulit berminyak ialah non-komedogenik. Selain itu, pastikan Anda tidak menggunakan produk yang mengandung banyak minyak didalamnya. Solusinya, Anda bisa memilih produk skincare atau kosmetik yang mengandung banyak air sehingga kulit terasa lebih lembab dan terhidrasi dengan baik.

  • Kulit Kering
kulit kering
Image: @katemangoscar

Mengatasi kulit wajah kering juga tidak sembarangan dilakukan. Berbeda dengan jenis kulit berminyak, kulit jenis ini justru kekurangan produksi minyak. Ciri khas yang menandakan jenis kulit kering cukup mudah dikenali, antara lain:

  1. Beberapa area kulit wajah mengelupas.
  2. Muncul flek hitam di wajah.
  3. Kulit terasa kencang bahkan saat tidak menggunakan produk apapun.
  4. Muncul tanda-tanda penuaan dini seperti terlihat keriput karena kering.
  5. Muncul rasa gatal-gatal di permukaan wajah.

Related posts