Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya agar Wajah Tetap Cantik Berseri

  • Whatsapp
Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya agar Wajah Tetap Cantik Berseri
Foto:@bearfotos

Jenis jerawat dan cara mengatasinya—Wajah adalah aset yang perlu di jaga. Wajah yang bersih dan bebas jerawat, di dukung lagi dengan kilau wajah yang putih berseri menjadikan tampilan menjadi semakin menawan. Saat muncul jerawat, entah itu dengan ukuran kecil atau besar, tentu saja kita akan merasa tidak percaya diri apalagi jika munculnya dalam jumlah yang banyak dan enggan hilang. Yuk, ketahui setidaknya 4 jenis jerawat dan cara mengatasinya agar wajah tetap cantik putih berseri.

Baca Juga: Paket Lengkap Dry Acne Kinclong Beauty

Read More

  1. Whitehead

Kita biasa menyebutnya dengan whitehead. Apa itu whitehead? Ini adalah jenis jerawat dengan warnanya yang putih. Ini terjadi saat lapisan kulit wajah yang menutupi pori-pori kulit itu di dalamnya terisi sel kulit mati maupun  berisi kotoran sehingga terbentuk gumpalan warna putih. Penyebabnya tidak lain adalah kelebihan jumlah minyak, banyaknya sel kulit mati yang menumpuk di wajah, dan disebabkan oleh perubahan faktor hormonal. Hindari memencetnya karena ini justru menyebabkan penyebaran whitehead karena tersebarnya bakteri penyebab jenis jerawat tersebut. Gunakan asam salisilat atau asam glikolat untuk membersihkannya di pagi dan malam hari jika ternyata jenis jerawat ini tidak pergi dalam kurun waktu satu minggu.

  1. Blackhead

Satu lagi jenis jerawat yang menggangu penampilan wajah Anda yaitu blackhead. Penyebabnya hampir sama denganwhitehead, yaitu adanya penyumbatan pada area pori-pori dan juga kadar minyak berlebihan yang terjadi karena adanya perubahan hormon. Pori-pori tertutup lapisan kulit yang selanjutnya mengakibatkan muncul komedo yang terbuka dan berinteraksi dengan udara. Itulah alasan kenapa warnanya berubah menjadi gelap. Cara mengatasinya yaitu manfaatkan retinol atau retinoid yang fungsinya adalah untuk mempercepat proses pergantian sel kulit mati, mencegah pori-pori yang tersumbat dan mengurangi tumpukan minyak berlebihan.

  1. Jerawat di Zona T

Jerawat yang nempel di zona T atau dahi, hidung dan dagu biasanya disebabkan oleh tingginya polusi yang dialami. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan pembersih wajah yang di dalamnya mengandung bahan seperti asam salisilat, retinoid dan peroxide. Selain itu, lakukan pencegahan dari luar dengan menggunakan masker saat bepergian untuk mengurangi polusi udara.

  1. Jerawat hormonal

Jerawat hormonal adalah jerawat yang disebabkan karena banyaknya minyak yang ada di dalam hormon sehingga menyebabkan penumpukan, tersumbatnya pori-pori yang kemudian mengakibatkan jerawat. Bagi para wanita, pil kontrasepsi yang digunakan setiap bulannya berpotensi menyebabkan jerawat. Pilih pil kontrasepsi yang aman agar jerawat di wajah tetap terkontrol. Selain itu, manfaatkan pula co-cyprindiol jika dirasa antibiotik untuk membasmi jerawat tidak cukup efektif. Yuk, jaga agar  wajah cantik bersih bebas jerawat dengan menggunakan macam-macam makeup dengan bahan yang direkomendasikan seperti tersebut di atas.

Related posts