Mau Terlihat Keren di Tempat Kerja? Hindari 3 Kesalahan Berpakaian ke Kantor Ini!

  • Whatsapp

Berbusana ke kantor memang harus rapi nan bersih. Namun bukan berarti kalian tidak bisa tampil fashionable, lho. Sejumlah brand pakaian menyediakan katalog pakaian yang dapat kalian manfaatkan sebagai baju kerja. Meski demikian, sebagian orang masih melakukan kesalahan berpakaian ke kantor yang alih-alih memperbaiki penampilan malah merusak imej kalian.

Baca Juga: Tips Berbusana Pasca Melahirkan

Read More

Jenis-jenis kesalahan berpakaian ke kantor
Setiap kantor atau perusahaan biasanya punya dress code yang patut dipatuhi. Kalian mungkin masih diizinkan mengenakan baju berbeda selama tidak melanggar aturan kantor. Akan tetapi, jangan sampai kalian melakukan beberapa kesalahan berpakaian ke kantor berikut ini!

1. Pakai bahan tak bermutu, kesalahan berpakaian ke kantor yang sering terjadi
Jenis bahan pakaian yang kalian pakai untuk bekerja akan sangat mempengaruhi produktivitas selama di kantor. Sayangnya, segelintir pekerja kantoran belum memahami pentingnya jenis kain kemeja atau blus yang dipakai. Akibatnya mereka kepanasan karena busana terlalu tebal atau kedinginan karena AC atau terjebak hujan deras. Agar kenyamanan kalian terjaga, pilihlah pakaian berbahan katun yang memiliki tekstur lemas dan tak mudah kusut. Jadi, sesibuk apa pun kalian beraktivitas, baju kerja tetap rapi dan tak akan cepat basah.

2. Niatnya ingin menghias busana, tetapi malah merusak akibat aksesori berlebihan
Gaya berbusana ke kantor memang cenderung polos, sehingga kehadiran aksesori dinilai mampu menyemarakkan penampilan. Dalam hal ini, pemilihan aksesori perlu diperhatikan, karena masih saja ada yang memakai hiasan berlebih. Hasilnya? Kalian bukannya tampil elegan, tetapi dianggap aneh sampai norak. Untuk menghindari kesalahan tersebut, pilih aksesori dengan desain minimalis dan warna-warna netral yang tak terlalu mencolok. Sebut saja liontin, giwang mutiara kecil, atau bandul mungil. Jam tangan juga bisa diandalkan sebagai aksesori.

3. Jarang bereksplorasi dengan brand lain dan tampil monoton dengan satu brand
Seperti yang telah disinggung, brand ikut mempengaruhi penampilan kalian saat bekerja. Brand-brand pakaian ternama umumnya menggunakan bahan-bahan berkualitas dan desainnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan kalian. Hal ini kadang membuat beberapa orang begitu terikat pada satu brand sampa-sampai enggan menggunakan item dari brand lain meski kualitas atau desainnya lebih bagus. Padahal, mengombinasikan pakaian kerja dari berbagai brand akan mengjindari gaya berbusana yang monoton. Selain itu, siapa tahu bujet kalian untuk berpakaian bisa ditekan.

Bagaimana? Apa kalian sempat atau tak menyadari sudah melakukan kesalahan berpakaian ke kantor? Belum terlambat memperbaikinya, apalagi kalau kalian tahu trik berbusana yang pantas di lingkungan kerja. Dimulai dari mempelajari dress code yang ditentukan perusahaan, lalu cari item-item fashion formal yang ditawarkan dari brand-brand berkualitas. Jangan sungkan bertanya pada teman atau rekan kerja yang dinilai punya gaya bagus.

Related posts