Tips Mengenali Dan Mengecek Keaslian Krim Pemutih Wajah BPOM

  • Whatsapp

Wanita di Indonesia sudah tak asing lagi dengan hadirnya krim pemutih. Berbagai brand kosmetik dengan label pemutih diluncurkan, mulai dari kosmetik buatan lokal hingga import. Mempunyai kulit wajah mulus, putih dan bebas jerawat adalah standar kecantikan dari hampir seluruh perempuan Indonesia. Hal inilah yang menyebabkan penjualan kosmetik mengandung pemutih laris manis di pasaran. Membeli krim pemutih wajah BPOM adalah salah satu langkah bijak untuk mengetahui aman atau tidaknya kosmetik yang akan Anda beli.

Peran BPOM Dalam Peredaran Kosmetik Dan Obat Di Indonesia

Badan Pengawas Obat dan Makanan atau disingkat BPOM adalah badan/lembaga milik pemerintah Indonesia yang memiliki peran sebagai pengawas peredaran obat-obatan, makanan dan tentunya kosmetik. Kalau di Amerika, BPOM kurang lebih sama peran fungsinya dengan FDA (Food And Drug Administration). Jadi, seluruh jenis obat-obatan, produk makanan, minuman dan kosmetik yang beredar di Indonesia, wajib terdaftar di BPOM.
Ketika Anda membeli produk kosmetik berpemutih, wajib hukumnya untuk memilih produk yang telah teregistrasi BPOM. Produk yang masuk ke BPOM akan terlebih dahulu diuji komposisi bahan yang terkandung. Tentunya, BPOM telah memiliki standar tersendiri tentang batas keamanan bahan kimia yang terkandung dalam tiap produk. Untuk menunjang kegiatan uji klinis tentang kandungan suatu produk, BPOM sendiri memiliki Pusat

Read More

Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan.
Jika produk telah dinyatakan aman digunakan, maka produk tersebut akan memiliki ijin edar. Pada kemasan produk akan terdapat nomer registrasi yang bisa Anda cek keasliannya pada laman “Cek Produk BPOM”. Website tersebut merupakan website resmi yang diluncurkan oleh BPOM agar memudahkan masyarakat Indonesia apakah produk tersebut terjamin keamanannya.

Kenali Ciri-Ciri Pemutih Wajah Berbahaya
Sebagai konsumen, kita dituntut untuk selalu waspada dan cermat dalam memilih suatu produk. Terutama jika barang yang kita beli tersebut memiliki bahan aktif yang berbahaya bagi tubuh. Krim pemutih wajah adalah salah satu produk kosmetik yang telah banyak disidak oleh BPOM karena tidak memiliki ijin edar resmi. Baik melalui media dan website resminya, BPOM telah merilis beberapa produk yang telah ditarik dan produk yang dinyatakan berbahaya untuk digunakan.

Melalui media sosialnya, BPOM telah banyak menerbitkan poster himbauan dan tips untuk memilih kosmetik. Salah satunya adalah waspada dengan kosmetik impor ilegal. Selain tidak adanya jaminan keamanan, manfaat dan mutu dari produk ilegal, ditakutkan mengandung bahan berbahaya. Bahan kimia tersebut diantaranya Asam Retinoat, Hidrokinon, Merkuri, Pewarna K1 dan Rhodamin (K10) dan masih banyak lagi.

Sebelum menggunakan produk krim pemutih yang telah dibeli, lakukan pengecekan pada produk kemasan. Pastikan krim pemutih wajah BPOM Anda terdapat nomer registrasi dan tanggal kadaluarsa pada kemasan luarnya. Tak hanya melihat dari sisi tampak luar, perhatikan pula penampakan isi dari krim wajah tersebut. Anda patut waspada jika krim tersebut memiliki bau wangi yang sangat kuat. Biasanya, produk krim tersebut telah tercampur dengan zat kimia berbahaya. Hal ini sebagai akal-akalan dari para produsen dengan menambahkan parfum sebanyak-banyaknya untuk menghilangkan aroma dari bahan kimia yang telah mereka campur ke krim pemutih itu.
Berhati-hatilah jika krim pemutih wajah Anda memiliki warna yang terlihat mencolok. Krim pemutih biasanya berwarna putih natural, ataupun bila krim tersebut memilki warna, akan terlihat warna yang tak mencolok. Waspadai jika warna krim Anda terlalu mengkilap dan memiliki warna yang terlau kuat, misalnya krim dengan warna kuning mengkilat atau berwarna merah muda terang. Krim pemutih wajah dengan warna yang mencolok tadi bisa saja terbuat dari pewarna kimia berbahaya seperti pewarna tekstil. Pewarna baju bila terkena kulit terus-menerus akan menyebabkan iritasi kulit.

Anda telah yakin dengan keamanan krim pemutih wajah yang telah Anda beli. Selalu perhatikan perkembangan kulit wajah Anda ketika memakai krim pemutih tersebut. Apakah kulit wajah Anda terlihat lebih putih dalam waktu yang sangat ingkat? Jangan senang dulu! Sesuatu yang instan bisa jadi berefek buruk. Krim pemutih termasuk dalam produk perawatan wajah, yang mana untuk memiliki hasil yang diharapkan memerlukan jangka waktu yang agak lama.

Biasanya, krim pemutih wajah BPOM yang aman akan menampakkan hasilnya sedikit demi sedikit sekitar empat minggu setelah pemakaian dan tidak langsung membuat wajah menjadi putih. Anda harus waspada jika krim pemutih bekerja langsung putih hanya dalam hitungan hari saja. Jangan pula merasa bahagia bila kulit Anda tampak mulus seketika bahkan tanpa adanya jerawat.

Krim pemutih wajah instan berbahaya macam ini dapat mempunyai efek tidak baik pada wajah dalam jangka waktu tertentu. Kulit Anda akan sedikit demi sedikit terkikis bahkan teriritasi sehingga Anda akan rentan menderita penyakit kulit. Waspadalah jika kulit Anda terasa panas dan muncul merah-merah saat terpapar sinar matahari. Ruam merah wajah bisa saja diakibatkan karena tidak adanya pelindung kulit dari radiasi matahari karena lapisan luar kulit sudah rusak.

Langkah-langkah Memeriksa Nomer Registrasi BPOM Pada Produk Secara Online

BPOM telah menyediakan laman khusus agar warga Indonesia dapat memeriksa keaslian produk yang telah dibeli. Bukalah website dengan alamat cekbpom.pom.go.id. Setelah loading, Anda akan melihat tampilan halaman utama berupa dropdown menu untuk kategori pencarian, kotak kosong untuk mengisi kata kunci dan gambar chart berbentuk lingkaran yang merupakan statistik produk yang telah mendapatkan ijin edar dari BPOM.
Telah tersedia 7 pilihan untuk kategori pencarian produk yaitu berdasarkan nomer registrasi, nama produk, merk, jumlah dan kemasan, bentuk sediaan, komposisi, serta nama pendaftar. Anda dapat memilih salah satu dari 7 kategori tersebut. Misalnya Anda ingin menginput nomor registrasi yang tertera di kemasan. Maka Anda tinggal memilih “Nomor Registrasi” dari dropdown menu lalu ketik kolom kata kunci berupa deretan huruf dan angka registrasi.

Contohnya produk dengan nomor registrasi NA18140101283, ketik lalu klik “cari”. Akan muncul tabel dengan daftar nomor registrasi beserta tanggal histori dari pendaftaran nomer tersebut, kolom produk dan kolom perusahaan pendaftar. Untuk info lebih lanjut mengenai nomor registrasi tersebut, Anda bisa menekan tulisan ”NA18140101283” dari kolom nomor registrasi. Selanjutnya, Anda akan melihat beberapa informasi yaitu tanggal terbit, diterbitkan oleh, jenis produk, nama produk, bentuk sediaan, merk, kemasan, pendaftar dan diproduksi oleh.
Kode registrasi BPOM terdiri dari 2 huruf di depan dan beberapa angka di belakangnya. Ada 10 kode huruf yang memilki arti berbeda. Untuk contoh nomer registrasi di atas yaitu NA memiliki arti kosmetik atau obat yang dijual daring.

Cek KLIK, Tips Memilih Kosmetik Aman Versi BPOM
Melalui website resminya, BPOM memberikan tips bagi masyarakat Indonesia dalam memilih produk termasuk krim pemutih wajah BPOM. BPOM ingin mewujudkan konsumen cerdas melalui himbauan yang disebut “Cek KLIK”. Kata KLIK merupakan singkatan dari Kemasan, Label, Izin edar, dan Kedaluwarsa. Untuk Kemasan, perhatikan produk agar selalu dalam kondisi baik yaitu tidak penyok, tidak sobek, tidak berlubang, tidak cacat dan lain-lain. Untuk Label, cek label pada kemasan produk. Untuk Izin edar, pastikan produk telah memiliki ijin edar yang dapat dicek melalui website atau aplikasi android dari Cek BPOM. Untuk Kedaluwarsa, cek tanggal yang ada pada kemasan produk dan gunakan jangan melebihi tanggal kedaluwarsa.

Related posts