Ciri -Ciri Krim Pemutih Wajah Yang Aman & Tips Memilihnya

  • Whatsapp

Memakai krim pemutih wajah menjadi salah satu cara ampuh untuk mendapatkan wajah putih seperti yang diinginkan. Krim pemutih yang beredar di pasaran dijual dengan harga yang bervariasi dan dapat digunakan dengan praktis. Namun Anda juga harus memilih krim pemutih wajah yang aman.

Tidak semua krim pemutih yang dijual di pasaran terjamin aman. Ada beberapa jenis krim pemutih berbahaya beredar dengan bebas dan dapat dibeli oleh siapapun. bukannya mendapatkan hasil wajah yang putih dan cerah, melainkan wajah dapat menjadi rusak untuk jangka panjangnya.

Read More

Agar mendapatkan krim pemutih wajah yang aman, Anda harus mengetahui informasi ciri-ciri krim pemutih yang aman. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai ciri-ciri krim pemutih wajah yang aman antara lain:

1. Bahan alami
Krim pemutih wajah yang aman tentunya juga akan mengandung bahan-bahan yang aman seperti bahan alami untuk kandungan utamanya. Bahan yang dipilih juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Antioksidan dalam krim pemutih dapat membantu untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membentuk sel kulit baru. Sehingga proses pemutihan kulit wajah berjalan secara alami.

2. Warna tidak mengkilap
Krim pemutih wajah yang aman tidak berwarna mengkilap dan mencolok. Jika Anda menemukan krim dengan warna tersebut, maka sudah dapat dipastikan bahwa krim tersebut tidak aman untuk digunakan. Sebab warna yang mengkilap merupakan salah satu ciri-ciri krim pemutih yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya.

3. Aroma yang lembut dan tidak menyengat
Selain dari segi warna, aroma atau bau krim juga harus diperhatikan. Krim wajah yang aman tidak akan memiliki bau yang menyengat. Sebab bau yang menyengat biasanya ditimbulkan dari bahan-bahan kimia yang digunakan. Apalagi krim pemutih wajah yang mengandung merkuri yang berbahasa biasanya akan mengeluarkan bau logam yang cukup menyengat. Produsen yang tidak bertanggung jawab kemudian menutup aroma menyengat dari merkuri dengan parfum yang cukup banyak ke dalam krim.

4. Tidak lengket
Setelah memperhatikan warna dan bau, selanjutnya adalah perhatikan tekstur krim. Krim pemutih wajah yang aman mempunyai tekstur krim yang tidak lengkap dan dapat dengan mudah diserap kulit. Sedangkan krim pemutih berbahaya biasanya mempunyai tekstur yang lengket. Krim pemutih yang berbahaya juga akan mengeluarkan minyak jika didiamkan dalam waktu yang cukup lama.

5. Natural
Krim pemutih wajah yang aman akan menghasilkan riasan yang natural sehingga terlihat cantik alami. Meskipun terjadi kenaikan tone warna kulit, hasil yang ditimbulkan juga tidak akan terlalu signifikan. Sedangkan krim pemutih yang berbahaya akan membuat kulit menjadi terlihat putih pucat hingga keabu-abuan. Hal tersebut dikarenakan jaringan sel kulit mati yang terkikis oleh merkuri.

6. Tidak membuat ketergantungan
Tidak jarang para wanita harus merasa kecewa karena krim yang digunakan tidak dapat langsung memberikan hasil yang signifikan atau langsung terlihat putih. Padahal yang harus dipahami bahwa krim pemutih yang aman justru memberikan hasil yang sangat baik bukan dalam waktu yang instant. Krim pemutih wajah yang aman juga tidak menimbulkan efek negatif saat berhenti digunakan. Sedangkan krim yang tidak aman biasanya akan menyebabkan ketergantungan. Contohnya saat menggunakan krim wajah terlihat sangat putih, namun setelah pemakaiannya berhenti wajah mulai mendapatkan masalah seperti bintik-bintik kemerahan, jerawat, hingga kehitaman.

Tips memilih krim pemutih wajah yang aman

Memang tidak mudah memilih krim pemutih wajah yang aman dengan banyaknya produk pemutih di pasaran. Apalagi disertai dengan promosi produk yang cukup menggoda. Namun Anda bisa memperhatikan tips memilih krim pemutih wajah yang aman berikut ini agar terhindar dari krim wajah berbahaya.

1. Mempunyai izin BPOM
Hal pertama yang harus dimiliki oleh setiap produk obat dan kecantikan seperti krim pemutih adalah izin edar dari BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. Dimana badan organisasi ini menjadi lembaga resmi yang memantau dan mengawasi peredaran seluruh produk makanan, kecantikan, kesehatan atau obat-obatan di Indonesia. Namun cara memeriksanya juga tidak cukup dengan mencari nomor BPOM yang berada di kemasan, karena saat ini tidak sedikit produsen yang nakal dan memanipulasi nomor BPOM di kemasannya. Anda juga harus mengeceknya di website resmi BPOM.

2. Jangan mudah tergiur harga murah
Harga yang murah menjadi magnet terbesar bagi wanita untuk membeli suatu produk tertentu termasuk krim pemutih wajah. Apalagi saat ini biaya untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan yang terus tinggi. Krim pemutih yang dibanderol dengan harga murah tentu saja akan menarik perhatian yang besar. Sayangnya hanya sedikit sekali yang menyadari jika harga murah menjadi pintu awal kerusakan kulit akibat bahan-bahan kimia berbahaya yang ada di dalamnya.

3. Konsultasikan ke dokter
Jika Anda merasa masih belum yakin dengan produk krim pemutih wajah yang aman, Anda bisa langsung datang dan berkonsultasi dengan dokter atau dermatologis. Sebab keduanya adalah profesi yang berkompeten dalam bidang kesehatan dan kecantikan kulit yang lebih mengetahui produk yang aman. Apalagi jika dokter tersebut juga melayani pembelian krim racikannya sendiri yang cenderung lebih aman daripada yang beredar di pasaran.

4. Membaca review
Dunia teknologi informasi saat ini sangat mudah untuk diakses. Apalagi banyak beauty blogger yang menuliskan pengalamannya menggunakan berbagai macam produk pemutih wajah. Biasanya informasi yang diberikan merupakan pengalaman yang jujur terdiri dari kelebihan, kekurangan, harga, hingga tempat untuk mendapatkannya. Untuk itu Anda harus rajin membaca beberapa review yang memastikan produk pilihan Anda sudah terjamin aman.

5. Komposisi bahan
Salah satu hal penting sebelum membeli suatu produk adalah membaca dan mencermati komposisi bahan termasuk jika ingin membeli produk krim pemutih wajah. Anda harus memastikan komposisi produk yang digunakan aman dan tidak mengandung merkuri. Dalam bahasa latin merkuri biasa disebut dengan Hydrargyrum.

6. Memilih merek terkenal
Cara yang paling mudah mendapatkan krim pemutih wajah yang aman adalah dengan membelinya dari merek yang terkenal. Merek yang sudah besar dan terkenal tentu saja telah berpengalaman cukup lama dalam bidang kosmetik yang aman. Tentunya sebagai merek yang terkenal, komposisi bahan yang digunakan juga tidak akan sembarangan terbukti aman dan telah diuji secara klinis untuk menjadi nama besar merek.

Jika ingin tampil dan mempunyai kulit wajah yang sehat, putih, dan cerah, tentu saja Anda tidak boleh melakukannya dengan setengah-setengah. Lebih baik menggunakan krim pemutih wajah yang aman dengan waktu yang sedikit lama daripada hasil yang instan tapi sangat berbahaya untuk kesehatan kulit selanjutnya. Selain menggunakan krim pemutih, untuk mendapatkan kulit wajah yang diharapkan juga harus didukung dengan gaya hidup yang baik dan sehat. Seperti menjaga pola makan dan memperbanyak minum air putih.

Related posts