Mau Beli Krim Pemutih Wajah? Lakukan Hal Ini Terlebih Dahulu

  • Whatsapp

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit putih, bersih dan cerah? Hal tersebut memang menjadi dambaan wanita Indonesia yang cenderung memiliki kulit sawo matang. Pasalnya, kulit putih akan menambah kepercayaan diri dan menjadi daya tarik untuk lawan jenis. Tak ayal, untuk mendapatkan wajah putih akan banyak cara yang dilakukan. Salah satunya adalah menggunakan krim pemutih wajah.

Masalahnya, apakah krim pemutih yang digunakan bisa memberikan hasil yang diinginkan. Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebelum memutuskan membeli krim pemutih untuk wajah agar mendapatkan hasil yang maksimal, seperti berikut ini.

Read More

  • Pastikan krim yang dipilih sesuai dengan tipe kulit kamu

Untuk bisa mendapatkan hasil yang diinginkan, krim yang dipilih harus sesuai dengan tipe kulit kamu. Pasalnya, beberapa kandungan zat pada produk kecantikan yang tak sesuai dengan tipe kulit wajah kamu akan berdampak negatif. Bukannya bertambah cantik, malahan bisa menimbulkan jerawat, bintik merah, komedo atau kulit kering. Tentunya, kamu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?
Setidaknya ada 4 jenis kulit manusia, yakni normal, berminyak, kering dan kombinasi. Buat kamu yang memiliki kulit sensitif akan produk krim pemutih, lebih baik gunakan krim dengan kandungan bahan alami. Sedangkan untuk pemilik kulit kering hindari krim berbahan dasar lemon karena lemon bisa membuat kulit semakin kering.
Mengenali tipe kulit kamu sebelum memutuskan produk krim pemutih untuk wajah mana yang pas adalah langkah terbaik untuk meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan.

  • Konsultasikan dengan pakar kecantikan

Mencari produk krim pemutih wajah yang aman dan cepat memang bukan perkara yang mudah. Jalan terbaiknya adalah kamu berkonsultasi dengan pakar kecantikan atau dermatologis secara langsung. Lagipula dengan konsultasi, kamu juga bisa menambah pengetahuan akan kondisi kulit kamu saat ini. Alhasil, ahli dermatologis akan merekomendasikan krim pemutih yang tepat dan memang pas untuk kondisi kulit kamu. Hal ini juga menjadi langkah terbaik agar uang kamu tidak terbuang sia – sia karena membeli produk yang salah.

  • Kenali kandungan di dalamnya

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, beberapa kandungan krim pemutih bisa berbahaya untuk kulit kamu. Mungkin dalam jangka pendek penggunaannya tidak ada pengaruhnya. Hanya saja, penggunaan secara terus menerus bisa membuat wajah mendapatkan efek buruknya. Aman tidaknya sebuah produk kecantikan ditentukan oleh bahan yang ada di dalam krim tersebut. Kandungan juga mempengaruhi hasil yang diberikan. Ada beberapa kandungan yang memang sebaiknya ada dalam krim pemutih untuk wajah, yakni seperti berikut ini.
• Vitamin B3 agar elasitas kulit terjaga.
• Vitamin C yang bagus untuk memutihkan kulit.
• Vitamin E sebagai sumber antioksidan.
• Ekstrak lemon agar kulit wajah lebih lembab dan putih.
• Gycolic acid dan salicylic acid yang bagus untuk menyamarkan noda hitam dan membuat kulit lebih cerah.
• Alpha hydroxy acid sebagai eksfoliasi agar kulit mati bisa terangkat.
• Ekstrak licorice yang berguna mencegah pigmentasi pada kulit.
Selain itu, kenali juga beberapa kandungan yang tidak boleh dalam krim pemutih. Beberapa bahan berbahaya yang harus dihindari adalah mercury, hydroquinone, pewarna dan steroids.

  • Jangan ragu coba produk sample-nya

Percoban memang perlu dilakukan untuk mendapatkan krim yang benar – benar pas untuk kamu. Tak masalah mencoba beberapa produk yang membuat kamu tertarik. Hal ini tentu menjadi langkah terbaik agar kamu tidak terlalu banyak menghabiskan banyak uang. Mungkin beberapa produk tidak menyediakan produk sampel yang bisa dicoba langsung. Namun begitu, ada beberapa produk kecantikan yang dikemas dalam kemasan kecil atau sample. Nah, kamu bisa membelinya dan mencobanya.

Saat mencoba sample-nya pastikan bahwa kamu benar – benar memperhatikan efek yang ditimbulkan oleh produk sebelum membeli kemasan aslinya. Jika ragu mencobanya pada kulit wajah, kamu bisa menggunakannya pada bagian lutut, siku atau belakang leher. Krim pemutih wajah yang tidak cocok untuk kamu biasanya akan menimbulkan kulit kemerahan, gatal, iritasi hingga rasa terbakar.

Perlu diperhatikan juga beberapa hal dalam mencoba produk sample, yakni tekstur dan wangi produk. Krim pemutih dengan kandungan berbahaya kebanyakan sedikit lengket. Selain itu, wanginya juga menyengat hingga bikin mual. Jika memang begitu, sebaiknya tidak perlu dipilih.

  • Pastikan produk sudah terdaftar BPOM

Krim pemutih terbaik, aman dan cepat adalah produk yang sudah terdaftar oleh BPOM. Buktinya dengan memiliki lisensi BPOM. Tetapi tidak semua produk berlisensi adalah produk yang aman, sebab bisa saja lisensi yang dimiliki merupakan palsu. Untuk memastikan hal ini, kamu bisa mengecek langsung pada web BPOM. Kalau memang detail produk tidak keluar, maka bisa dipastikan bahwa lisensi yang dimiliki palsu. Namun bisa saja sedang dalam proses sertifikasi.

  • Lebih baik pilih brand terpercaya

Semua orang pasti memilih krim pemutih wajah yang bermerek atau memiliki brand baik. Walaupun begitu, dalam memilih krim pemutih lebih baik brand yang dipilih memang terpercaya. Tak perlu harus datang langsung ke perusahaan brand tersebut. Cukup dari rumah dan akses web produknya secara langsung. Akan ada banyak info yang bisa kamu dapatkan, mulai dari bahan yang digunakan, kandungan di dalamnya, jenis produk hingga testimoni atau review dari pelanggan. Dengan begitu, kamu bisa memastikan apakah krim pemutih tersebut aman atau tidak.

  • Coba krim pemutih buatan rumah

Dibandingkan membeli produk krim pemutih yang mungkin kandungan di dalamnya tidak cocok dengan kamu, mengapa tidak membuatnya sendiri? Bahan – bahan yang diperlukan juga tidak terlalu susah, seperti yogurt. Seperti yang diketahui olahan dari susu ini memang sangat baik untuk kesehatan kulit. Tidak hanya itu saja, yogurt juga bisa memutihkan dengan cepat, menyamarkan noda hitam dan meratakan warna kulit.

Nah, resep krim malam yang bisa kamu coba adalah yogurt organik 1 sendok makan, perasan air lemon ½ sendok makan, minyak esensial mawar secukupnya karena hanya untuk aromaterapi saja. Campurkan semua bahan dan aduk hingga tercampur rata. Kemudian tutup dengan handuk bersih dan diamkan selama 2 menit.
Sedangkan untuk krim pagi, bahan yang bisa kamu gunakan adalah air perasan jeruk nipis 1 sendok makan dan madu murni 1 sendok makan. Campurkan kedua bahan tersebut dan aduk hingga rata. Tidak hanya mencerahkan saja, perpaduan madu dan air perasan jeruk nipis juga berguna untuk mengurangi kadar minyak pada kulit wajah, mengatasi komedo dan masalah jerawat.

Walaupun krim pemutih wajah yang dibuat menggunakan bahan organik, tetapi kamu tetap harus melakukan tes alergi sebelum menggunakannya. Cukup oleskan pada kulit belakang telinga. Jika tidak menimbulkan reaksi alergi seperti gatal, kemerahan atau rasa panas, berarti aman untuk digunakan pada wajah kamu. Pastikan juga saat mengoleskan krim, wajah kamu dalam keadaan bersih. Selain berguna untuk krim, juga bisa digunakan untuk masker alami

Related posts