Macam Macam Jerawat dan Karakteristiknya

  • Whatsapp
Macam Macam Jerawat dan Karakteristiknya
Foto:@sri_sakorn42

Bagi anda yang sangat memperhatikan penampilan, jerawat bisa dibilang merupakan salah satu masalah yang paling menyebalkan. Perlu andaketahui, terdapat banyak sekali macam – macam jenis jerawat yang ada di dunia, sehingga jika anda mengira bahwa jerawat hanyalah sebuah benjolan merah dikulit yang akan mengeluarkan nanah jika dipencet, maka anda salah besar.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Ampuh dan Aman

Read More

Tiap jenis jerawat tentu saja memiliki karakteristik dan cara perawatan yang berbeda – beda. Berikut macam – macam jenis jerawat yang perlu andaketahui.

  1. Balckhead (Komedo Terbuka)

Blackhead berbentuk benjolan kecil berwarna hitam dan biasanya muncul di area hidung. Blackhead atau komedo hitam muncul dikarenakan folikel rambut pada pori yang terbuka tersumbat oleh sebum atau minyak dan sel kulit mati sehingga menimbulkan bintik hitam karena bagian atas pori yang terbuka. Komedo ini merupakan jenis jerawat ringan dan tidak menimbulkan rasa sakit.

  1. Whitehead (Komedo Tertutup)

Sama seperti sebelumnya, jerawat ini juga disebabkan oleh penyumbatan pori – pori, namun berbeda dengan blackhead, penyumbatan whitehead menutupi seluruh permukaan teratas pori sehingga penampilannya seperti benjolan putih. Whitehead ini lebih sulit untuk diobati karena pori – pori nya yang sudah tertutup.

  1. Papula

Papula muncul ketika whitehead atau blackhead yang dibiarkan dan memicu iritasi parah pada kulit sekitarnya, sehingga muncullah papula yang muncul di bawah permukaan kulit. Bentuknya seperti benjolan merah dan di sekitar tonjolannya terdapat bengkak kemerahan. Jika dipegang akan terasa nyeri namun tidak ada nanah pada puncaknya.

  1. Pustula

Pustula merupakan jenis jerawat yang lebih besar dan lebih lunak. Di bagian bawahnya berwarna kemerahan dan dipuncaknya terdapat nanah yang berwarna putih kekuningan. Pustula muncul dikarenakan adanya bakteri yang menginfeksi sumbatan pori – pori tersebut dan nanah yang muncul merupakan sel imun yang bekerja untuk melawan infeksi.

  1. Nodul

Jenis jerawat nodul juga menimbulkan rasa sakit. Berbentuk seperti papula, namun jerawat nodul memiliki bentuk yang lebih besar dan lebih dalam. Dipuncaknya pun tidak berwarna putih. Jerawat ini muncul diakibatkan oleh pori – pori tersumbat yang terinfeksi oleh bakteri. Bakteri tersebut menginfeksi jauh kedalam permukaan kulit dan merusak jaringan dan sel yang berada di dalamnya sehingga pori – pori yang terinfeksi akan terlihat merah dan membengkak. Biasanya, setelah jerawat mengempis, akan muncul bekas jerawat berwarna gelap.

  1. Kistik (Jerawat Batu)

Bisa dibilang, jerawat batu merupakan salah satu mimpi buruk bagi banyak orang. Jerawat batu terbentuk jauh didalam lapisan kulita yang sangat dalam. Sama seperti sebelumnya, penyebab dari jerawat ini adalah penyumbatan pori yang dibarengi infeksi bakteri. Infeksi tersebut mengakibatkan peradangan didalam kulit. Hal ini terjadi karena adanya perpecahan pori di dalam kulit sehingga jika dibiarkan peradangan akan meluas dan muncul jerawat baru. Jerawat batu bisa menimbulkan luka setelah benjolan yang berisi nanah dan terasa sakit hilang.

Itulah beberapa macam – macam jenis jerawat yang perlu andaketahui. Tentu saja tidak ada seseorang yang ingin terkena jerawat. Meskipun anda menggunakan macam – macam makeup akan percuma saja karena ada jerawat, selalu jaga kebersihan diri dan jaga pola hidup sehat agar terhindar dari jerawat.

Related posts